Illustrator Tutorial : Membuat Desain Stiker dengan Illustrator

3 10 2009

Sejak awal diciptakan, Illustrator adalah editor gambar berbasis vektor. vektor sendiri sebenarnya lebih dekat pada pencetakan dibandingkan dengan desktop publishing. Hal ini dapat dilihat dari perintah print yang ada pada illustrator memudahkan penggunanya untuk langsung mencetak hasil kerja mereka dibandingkan dipublikasikan melalui desktop yang harus melalui proses ‘ekspor’ terlebih dahulu.


Tutorial kali ini akan memberikan petunjuk mengenai cara mendesain stiker yang mudah dan cepat dengan hasil yang lumayan, tentunya. proses ‘ekspor’ tidak akan diperlukan kali ini, karena setelah selesai dan disimpan dalam format .ai, stiker kreasi kita tersebut dapat langsung dikirim ke percetakan atau dicetak sendiri menggunakan printer. Tentunya hasil di percetakan akan lebih bagus dibandingkan menggunakan printer.

Tanpa panjang lebar lagi, bukalah program Illustrator Anda, lalu buatlah dokumen baru dengan ukuran dan nama bebas, hanya saja pilih CMYK mode karena kita akan mencetaknya. Hal ini berbeda dengan saat kita ingin menampilkannya di monitor, misal sebagai wallpaper, yang menggunakan RGB mode.

Stiker1

Lalu dengan “Rectangle Tool” Stikerkotak , kita mulai membuat bentuk stiker tersebut. Anda dapat menggunakan bentuk yang lain sesuai dengan kreasi Anda,seperti menggunakan bentuk bulat untuk stiker yang berisi tulisan melingkar, dsb. Namun sebaiknya setelah membuat betuk yang kita inginkan set color palette tanpa outline Stiker2

Selanjutnya isilah bentuk yang kita buat tadi, dalam hal ini bentuk persegi, dengan gradien atau gradasi warna. kali ini saya memilih warna biru muda yang merupakan warna favorit saya. Gradasi warna itu sendiri dapat diatur melalui tab “Gradient” yang ada di atas panel layer, bersama dengan panel “Transparency”.

Stiker3Buatlah beberapa variasi warna. dan apabila ingin membuat variasi bentuk, misalnya bentuk bergelombang, gunakan “Convert Ancor Point Tool” pada setiap sudut.

Inilah hasil sementaranya

Stiker6

Untuk menjelaskan pesan yang ingin kita sampaikan dengan stiker yang kita buat, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan teks. Kali ini untuk lebih menarik perhatian,teks akan dibuat bergelombang. Caranya dengan menggunakan “Pen Tool” Kucingpen, buatlah sebuah ‘Path’ / garis dengan fill dan outline ‘none’ lalu dengan “Type Tool” kita bisa membuat tulisan di atas garis tersebut.

Stiker11Untuk lebih membuatnya semarak, Anda bisa menambahkan simbol – simbol guna mempertegas pesan yang ingin disampaikan melalui stiker ini. Simbol ini bisa dilihat melalui tab ‘Symbols’ yang berada di atas panel ‘Transparency’.

Copy (2) of Stiker10Klik pada tanda panah kecil yang berada di dalam lingkaran lalu pilih ‘Open Symbol Lybrary’ untuk melihat lebih banyak lagi simbol.

Stiker10

Kali ini saya memilih simbol kembang api untuk menggambarkan kegembiraan dan keceriaan. Simbol kembang api ini bisa dilihat di kategori ‘Celebration’.

Dan beginilah hasil akhirnya, memang mudah kan?

Stiker12Segeralah simpan dengan format .ai untuk bisa segera dicetak atau dibawa ke percetakan.

Dalam beberapa kasus teks yang ditulis di atas ‘Path’ tidak bisa disimpan dalam format .ai. Untuk kasus seperti ini pertimbangkanlah untuk mengekspornya menjadi bitmap dengan format .png karena format yang satu ini mendukung kompresi lossless sehingga dapat menghasilkan gambar yang cukup tajam saat dicetak.

About these ads

Aksi

Information

15 tanggapan

22 10 2009
Ririn-fixe

Selama ini saya nyetak sendiri pake kertas photo sticker…… sebenarnya enak lho buat usaha sambilan.

10 11 2009
Indra Nugraha

saya bingung lagi cari tutorial niy.. bagaimana membuat gradasi tapi polanya bulat di illustrator jadi gradasinya engga linear..tapi radial.. gimana ya.. bisa bantu mas??

10 11 2009
di2tdrifter

buat aja path dulu, baru abis itu isi pake gradasi warna. Di pilihan ‘gradient mode’ itu kan ada pilihan radial atau linear. Klo warnanya tinggal drag n’ drop aja dari color swatch… ;)

17 12 2009
cybercenter

mantap,,,,
kunjungi balik ya,,,,^^

9 06 2010
Irfan Tanjung

download softwarenya dimana yah ya yang versi full tapi gratisan….:-)

9 06 2010
di2tdrifter

Kalau perangkat lunak Illustrator ini tidak ada yang versi gratisan, tapi tenang saja, ada perangkat lunak open source pengolah gambar berbasis vektor seperti Illustrator ini, namanya InkScape. Perangkat lunak ini bisa diunduh langsung dari situs pengembangnya (InkScape.org), hanya saja saya sarankan untuk mengunduh dari Brothersoft.com karena bandwidth yang disediakan lebih besar dibandingkan jika harus mengunduh dari situs pengembangnya.

Selamat mencoba…! (^-^)b

13 02 2011
arinnewpa

minta linknya dong

24 02 2011
di2tdrifter

waduh…? link yang mana nih? pingback gitu maksudnya? atau link ke tutorial aslinya? kalau pingback yah tinggal co-pas aja URL artikel ini, tapi kalau minta link ke tutorial aslinya wah maaf deh, ini yang asli, bukan co-pas dari situs lain, hehehe… XD

19 08 2010
Arifs

Software nya ada kok yg gratisan masuk aja ke http://www.4shared.com trus search adobe illustrator portable, nah, nanti ketemu ada bnyak versi, silahkan download sesuai kebutuhan download langsung bisa dipakai, gak perlu instalasi

22 08 2010
di2tdrifter

Hm… sebenernya ini sengaja loh saya kasih tau software yg sifatnya open source dan bener2 gratisan. Soalnya ada resiko pelanggaran hak cipta juga kalau kita pake software yg bukan gratisan tanpa bayar, apalagi ini udah diubah jadi versi portable (setau saya software desain grafis dari adobe tidak ada versi portable yg resmi). Lagipula perkembangan software open source juga harus didukung ‘kan?

28 06 2011
sniffer99

ko bung sangat membantu sekali bagi saya newbe ini

di banyakin aja tutorialnya

22 04 2013
fashion illustration

Usually I do not read article on blogs, but I would
like to say that this write-up very pressured me to take a look at and do so!
Your writing taste has been surprised me. Thank you,
very nice post.

25 04 2013
di2tdrifter

The pleasure is on me, glad you enjoy this article of mine… :)

5 05 2013
ayie

gan mf nih numpang nanya,saya baru make ilustrator,saya edit suatu gambar dan menambahkan teks tapi pas proses editing dah kelar dan saya simpen ke file eps.ko pas buka dikomputer lain ga bisa dibuka,awalnya mau saya bawa ke percetakan tp saya ragu filenya bisa dibuka.mohon penjelasan gan supaya design ilustrator saya bisa langsung ke baca pas di bawa kepercetakan.thanks..

23 05 2013
di2tdrifter

Kemungkinan besar percetakannya belum pake program yang bisa baca file .eps, kalau begini masalahnya coba itu gambarnya disimpen dalam format .png atau .tiff aja, oldie but goodie, eh…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 87 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: