Adobe Illustrator

Tampilan Illustrator CS2

Adobe Illustrator CS2 pada Win XP SP2 

Adobe illustrator adalah software desain berbasis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe system.

Adobe illustrator pertama kali dibangun untuk Apple Macintosh pada 1986 (dipasarkan pada 1987) sebagai komersialiasi dari software pembuat font rumahan Adobe. Adobe illustrator tidak terpisahkan dengan Adobe Photoshop. Photoshop dipersiapkan untuk manipulasi foto digital dan illustrasi komputer, sementara illustrator ditujukan untuk grafis dan desain logo.

Awal Peluncuran

Peluncuran illustrator pada awalnya merupakan sebuah ketidakpastian, karena pada waktu itu Macintosh tidak memiliki pangsa pasar yang besar. Banyak penyebabnya, diantaranya hanya ada satu – satunya printer yang dapat mencetak dokumen illustrator adalah LaserWriter, printer buatan Apple yang pada waktu itu tergolong baru dan masih sangat mahal, dan cara menggambar dengan Bezier tool merupakan paradigma baru bagi para desainer grafis pada saat itu. Macintosh sendiri pada saat itu baru dapat mengembangkan monitor built-in berukuran 9” dan pada akhirnya illustrator membantu Macintosh mengembangkan monitor yang berukuran lebih besar.

Illustrator benar – benar produk yang andal, dan kurva – kurvanya yang relatif mudah dipelajari membuat para pengunanya dengan mudah menyadari bahwa tidak hanya lebih baik, namun Illustrator juga memecahkan masalah ketidakpresisian program grafis yang sudah ada, seperti MacDraw. Illustrator juga menyediakan peralatan baru bagi mereka yang tidak sanggup mempelajari program yang sulit seperti AutoCAD. Illustrator dengan cepat mengisi ruang antara program grafis dengan program arsitektur (CAD).

Adobe memilih untuk mengambil resiko dengan mencoba tampilan (antarmuka pengguna) baru Illustrator. Bukannya mengikuti peraturan Apple tentang antarmuka pengguna, mereka malah membuat para pengguna Illustrator lebih mudah untuk mengganti antar peralatan dan navigasi yang ada hanya dengan kombinasi tombol – tombol keyboard.

Versi 2-5

Meskipun Adobe membangun Illustrator khususnya untuk Macintosh pada dekade pertama, ternyata illustrator juga mendukung platform lain. Pada awal 90’-an, Adobe meluncurkan versi Illustrator untuk NeXT, Silicon Grahic IRIX dan Sun Solaris. Tetapi dihentikan karena pangsa pasar yang kecil. Edisi pertama Illustrator untuk Windows, versi 2.0 diluncurkan pada awal 1989, tetapi gagal. Versi Windows berikutnya, 4.0, dikritik karena tertalu mirip dengan versi 1.1 dan bukannya versi Macintosh 3.0, dan jelas tidak akan sebanding dengan paket Ilustrasi Windows, CorelDraw. (catatan : tidak ada versi 2.0 atau 4.0 untuk Macinntosh). Versi 4 mendukung tampilan dengan preview mode yang tidak ada pada Macintosh hingga 5 pada 1993.

Versi 6 – 10

Dengan diperkenakannya illustrator 6 pada 1996, Adobe membuat perubahan penting dengan menambahkan path editing (dan juga mengubah tampilan antarmuka pengguna menjadi mirip dengan milik Photoshop) dan banyak penggunanya yang memilih untuk tidak meng-up grade. Hingga hari ini, banyak perubahan pada Illustrator yang dipertanyakan. Illustrator juga mulai mendukung fort TrueType, sehinga menjadikannya “Pertempuran Font” antara Postscript tipe1 dan TrueType diperdebtkan secara luas. Sama seperti hotoshop, illustrator juga mendukung plug-ins, yang meningkatkan kemampuannya secara drastis.

Dengan mulai dibuatnya illustrator khusus Windows, dimulai dengan versi 7, pada 1997 para desainer akhirnya bias membuat standarisasi dalam illustrator. Corel membuat versi khusus untuk Macintosh pada akhir 1996, namun diterima sedikit terlambat. Aldus membuat Freehand khusus Windows tapi tidak seimbang dengan Illustrator. Adobe membeli Pagemaker dari Aldus pada 1994, dan pada akhirnya Aldus juga menjual Freehand ke Macromedia (yang nantinya juga diamil alih oleh Adobe). Perkembangan internet memperjelas batas kemampuan antara illustrator dengan Photoshop. Photoshop mendukung web publishing, PDf, SVG dan beberapa format file lainya.

Versi CS (11) dan CS2 (12)

Illustrator 12, yang lebih dikenal dengan CS2 mencerminkan penyatuannya dengan Adobe creative suite, tersedia untuk Windows dan Mac OS X. Max OS X adalah versi terbaru dari Mac yang aslinya tidak berjalan pada Intel atau PowerPC processors. Illustrator CS memungkinkan para penggunany menggunakan filter yang tersedia untuk mengubh gambar mereka menjadi objek 3D sederhana.

Fitur yang paling menarik dalam Illustrator CS, CS2 dan CS3 adalah Live Trace, Live Paint, Control Pallete dan Custom WorkSpaces. Live trace memungkinkan untuk mengubah gambar bitmap menjadi vektor dalam waktu sekejap. Live paint memungkinkan untuk mewarnai area dalam waktu singkat, khususnya bagi yang tidak beraturan.

Sumber: id.wikipedia.org, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia. Dengan terjemahan dan perubahan seperlunya.

One comment

  1. ooooh !! ternyata ini yaa program thats everyone talking about at AP !!!^^’
    waah !! kayaknya lumayan yaaa !!!
    gw coba deh nanti utk vector !!!!😄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s