Instant Tracing : Optimalisasi Fitur Live Trace pada Illustrator

Mungkin banyak dari kita yang berkeinginan untuk mengedit fotonya menjadi lebih enak dilihat dengan mengubahnya menjadi seperti foto klasik, sketsa, ataupun gambar komik, sebelum di-upload ke situs Sosial, seperti Friendster, MySpace, Facebook, Netlog, dsb. Kesemuanya itu telah tersedia dalam fitur “Live Trace” Illustrator, tinggal bagaimana kreativitas kita dalam memanfaatkannya.

Fitur Live Trace ini tersedia di bawah menu bar, hanya saja baru akan muncul setelah kita menempatkan gambar yang akan di-trace terlebih dahulu.

Oke, langsung saja, langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah meng-import gambar yang kita inginkan dengan menggunakan perintah ‘Place’. Caranya klik pada menu File > Place.

Klik tombol untuk mengaktifkan fitur live trace ini.

Inilah hasil awalnya.

Sekilas mungkin tidak terlihat seperti vektor, namun apabila diZoom-in maka gambar tersebut tidak akan pecah, yang menandakan gambar ini telah diubah mejadi vektor.

Ingat bahwa salah satu sifat vektor adalah resolution independent yang menjadikannya tidak akan pecah meskipun diZoom-in hingga ke level terkecil.

Untuk mengubahnya, hanya tinggal mengotak – atik tombol – tombol yang ada di toolbar Live Trace.

Terakhir, Selamat mencoba fitur yang menyenangkan ini. ^^

One comment

  1. om..sori nih..di illust CS (11) gw ko ga tampil ya live trace/paint nya, ga kaya Illust CS 2. pdhal udh ditaruh pic tuh..apa ad settingan lagi di preference?mohon pencerahan..!!!Thanx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s