CorelDraw Tutorial : Tulisan Pecah

Tutorial kali ini akan kita bahas dengan gaya yang lebih menyenangkan, mengapa? Karena saya menambahkan sedikit bumbu humor ke dalam pembahasan tutorial kali ini. Jangan heran, saya hanya sedang bosan, jadi tidak ada salahnya mencoba sedikit menghibur diri, bukan?

Baiklah, kita langsung mulai saja. mulailah dengan membuka dokumen baru dalam program CorelDraw Anda, ukurannya bebas, saya sendiri lebih nyaman menggunakan ukuran desktop, yaitu 1024 x 768.

Kemudain lanjutkan dengan membuat teks dengan menggunakan Text Tool pecah_texttool, dan jangan lupa untuk mengatur jenis dan ukuran Font yang Anda gunakan. Satu hal yang perlu diingat di sini adalah kita bisa menggunakan Font dengan ukuran yang relatif besar. Saya sendiri menggunakan ukuran 150 pt.
pecah_textpanel
Kira – kira beginilah teks awal yang saya buat

pecah1Anda juga bisa mengganti warna teks tersebut dengn menggunakan panel pengatur wara yang terdapat di sebelah kanan layar (jendela kerja Corel) Anda. Kali ini saya memilih warna merah bata.

pecah2Untuk menggunakan panel warna ini, setelah memilih warna yang diinginkan, klik pada tombol “Fill” karena kita akan mengganti warna isian dari teks kita. 

Inilah jadinya setelah berganti warna.

pecah11Stelah mengganti warnanya pastikan teks yang kita buat dalam keadaan terpilih. Kalau belum, bisa menggunakan ‘Pick Tool’ pecah_pick1 untuk memilihnya.

Kita beralih ke salah satu tahap yang paling penting, yaitu menghapus teks yang telah kita buat. Eit, tunggu dulu, bukan dihapus semuanya, melainkan hanya dihapus sebagian untuk menciptakan kesan pecah atau retak.

Oiya, sebelumnya kita harus mengubah teks yang telah kita buat menjadi ‘ArtisticText’, yang memungkinkan kita untuk menambahkan berbagai efek artistik seperti menghapus, memberi tekstur dan sebagainya pada teks kita.

Kita bisa melakukannya dengan klik kanan pada teks yang sudah dalam keadaan terpilih lalu klik ‘Convert to Artistic Text’.

pecah3Dilanjutkan dengan menggunakan ‘Eraser Tool’ pecah_eraser, hapuslah dengan hati – hati sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini.

pecah4Beralih ke tahap terpenting yang kedua, yaitu menambahkan efek 3D. Pada panel di sebelah kanan jendela kerja CorelDraw terdapat tab khusus ‘Extrude’ di mana kita bisa mengatur tampila 3D yang akan kita terapkan pada teks kita.

pecah5

Pertama kliklah pada tombol ‘Edit’ lalu aturlah dengan menggeser dan memutar gambar angk 3 yang ada di panel tersebut sesuai selera kita. setelah dirasa cocok, kliklah tombol ‘Apply’. 

Lalu untuk membuatnya lebih enak dilihat, terdapat tombol – tombol lainnya di atas gambar angka 3 untuk mengatur pencahayaan, tekstur dan sebagainya. Hanya saja kali ini kkta hanya akan mengatur pencahayaannya saja.

Klik pada tombol yang berada paling tengah dari kelima tombol yang ada di atas gambar angka 3 lalu klik ‘Edit’.

pecah6Di sini terdapat tiga pilihan banyaknya sumber cahaya dan intensitas cahaya. Sebaiknya pilih satu sumber cahaya saja dengan intensitas 50% agar tidak terlalu terang. jangn lup setelah selesai klik pada tombol ‘Apply’.

Beginilah hasil akhirnya.

batakoretakDan akhirnya… semoga sukses mencobanya….

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s