Beberapa Variasi Tulisan di Photoshop (part 1)

Yup, kali ini kita kan kembali ber-photoshop ria. Dan kembali lagi  mengotak – atik font. Mengapa font? karena kreasi font merupakan salah satu yang paling sederhana namun hasilnya cukup ‘bombastis’.

Baiklah, langsung kita mulai saja. Seperti biasa, bukalah program photohop Anda lalu bukalah dokumen baru dengen menekan tombol ‘Ctrl+N’ pada keyboard atau klik menu ‘File > New’. Ukurannya bebas, hanya saja pastikan cukup besar agar tulisan yang Anda buat nantinya muat di dalamnya dan cukup jelas terlihat.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan sudah tentu membut tulisan dengan menggunakan ‘Type Tool’ TypeFX1. Ukuran dan jenis font-nya bebas, tetapi akan lebih baik jika bentuknya agak tebal, seperti yang saya gunakan, Gill Sans Ultra Bold dengan ukuran 120 pt. Sengaja dibuat sebesar ini agar mudah dilihat. Sedangkan untuk warnanya usahakan pilih warna terang.

Beginilah font yang saya buat.

TypeFX2Klik dua kali (double click) pada layer  tulisan yang baru saja kita buat atau klik kanan > Blending Options. bagi yang agak bingung panel Layer terdapat pada bagian pojok kanan bawah layar.TypeFX3Klik pada kotak pilihan ‘Stroke’ karena kita akan memberinya garis luar. Untuk ‘Stroke’-nya sendiri aturlah ukurannya 6 dan posisinya ‘Outside’, sementara ‘opacity’-nya 100%, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

TypeFX4Maka hasilnya akan seperti ini.

TypeFX5Sekarang dengan menggunakan ‘Rectangular Marquee Tool’ TypeFX6 kita akan buat seleksi untuk membuat layer baru. Seleksilah daerah sekitar layer tulisan yang telah dibuat tadi.

Kemudian dengan menekan tombol Ctrl+Shift+n kita akan membuat layer dari seleksi yang telah kita buat dan untuk mengisinya tekan saja tombol Shift+F5, hanya saja jangan lupa untuk memilih warna isiannya.

Berikut adalah kotak dialog ‘Fill’ yang akan muncul jika kita menekan tombol Shift+F5.

TypeFX7 Pilih pilihan ‘Color’ jika ingin menentukan warna sendiri, sedangkan pilihan ‘background color’ atau ‘foreground color’ akan mengisi seleksi kita dengan warna ‘background’ dan ‘foreground’ yang sedang aktif pada saat itu.

Untuk sementara layer yang kita buat tadi hanya berbentuk kotak seperti ini.

TypeFX8Untuk itu sekali lagi, masih dengan ‘Rectangular Marquee Tool’ TypeFX6, kita akan menyeleksi layer kotak itu. Perlu diperhatikan bahwa kali ini hanya sebagian saja dari layer kotak itu yang diseleksi. Jangan lupa untuk menekan Ctrl+Shift+i karena kita akan menyeleksi bagian luar layer kotak itu.

Setelah menyeleksi, tekanlah huruf Q untuk masuk ke Quick Mask Mode yang akan terlihat seperti ini

TypeFX9kemudian pilih menu ‘Filter > Pixelate > Color Halftone’, akan muncul kotak dialog seperti ini

TypeFX10Seperti yang terlihat, untuk radius bisa di-set di angka 12 pixel sedangkan untuk Channel 1, 2, 3 dan 4 masing – masing 110, 150, 90 dan 70 lalu klik Ok.

Akan terlihat seperti ini

TypeFX11Tekan lagi tombol Q untuk keluar dari Quick Mask Mode lalu tekan tombol ‘Delete’ sehingga layer itu akan jadi seperti ini.

TypeFX12Dengan menggunakan ‘Move Tool’TypeFX13, pindahkan layer kotak itu tepat ke atas layer tulisan dan pada panel layer klik kanan lalu pilih ‘create clipping mask’.

Hasilnya akan seperti ini.

TypeFX14Untuk memudahkan pengeditan selanjutnya, sebaiknya layer tulisan dijadikan layer biasa dengan cara ‘Rasterize Type’. Caranya sama, dengan klik kanan pada layer tulisan dan pilih ‘Rasterize Type’.

Setelah itu klik kanan pada layer di atasnya (layer yang tadinya kotak) lalu klik ‘Merge Down’ untuk menyatukan kedua layer tersebut.

Klik kanan lagi pada layer hasil penyatuan kedua layer tadi lalu klik ‘Blending Option’. Pilihlah ‘Inner Shadow’ sehinga akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini

TypeFX15Aturlah sehingga didapat efek bayangan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Sehingga akan didapat hasil akhir seperti ini

My_blog

Akhir kata… selamat mencoba, dan jangan segan bertanya apabila ada yang tidak jelas, hehehe…:D

3 comments

  1. Hmm… sorry for leaving a random comment here but since you’re kind enough to give me the link to your blog, i figured i should do the same for you.
    So here: http://honeypeachling.blogspot.com
    Feel free to link mine to yours as i have already linked your blog to mine =D I hope you don’t mind me doing that though.
    I don’t really understand Bahasa Indonesia but oh well, i will try to read and make sense of your blog.. Good Luck ya!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s